Jumat, 21 Oktober 2022

Sinkrouns PembaTIK Level 4 Ngapain Aja sih?

 

 
Flyer Sesi 1&2 Sinkronus PembaTIK Tahun 2022

Halo Sahabat Belajar, kali ini saya akan menceritakan 2 Sesi Sinkronus pada kegiatan PembaTIK Level 4 Provinsi Aceh. Sesi ke-1 diadakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pada pukul14.00 s/d 16.00 WIB. Bagi Sahabat Belajar yang nanti masuk kedalam Level 4 PembaTIK pasti akan diberikan kegiatan seperti ini terlebih dahulu. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali Sahabat Belajar sebelum melakukan kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi.

Kegiatan ini akan di Pandu oleh Penanggung Jawab dan Duta Rumah Belajar (DRB) yang ada diprovinsi Sahabat masing-masing. Pada sesi I sinkronus ini kami dibekali materi tentang hal-hal apa yang perlu dipersiapkan untuk kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi yang akan kami laksanakan. Materi yang disampaikan yaitu :

A.Publikasi Karya Tulis

Materi pertama disampaikan oleh DRB yaitu Bapak Qusthalani, dengan materi tentang Publikasi Karya Tulis. Publikasi karya tulis adalah suatu kegiatan pengembangan profesionalisme guru. Dimana menulis merupakan keterampilan berkomunikasi yang mutlak dimiliki oleh gurus ebagai sarana berbagi gagasan, ide, wawasan, dan pengalaman.
Dimana tujuan umum dari publikasi karya tulis itu adalah agar dapat membekali  Sahabat Rumah Belajar dengan kemampuan membaca, menganalisis data, memprediksi, mengantisipasi dan menuangkan gagasan secara tertulis, baik dalam bentuk tulisan ilmiah populer, maupun karya tulis ilmiah tentang pemanfaatan Rumah Belajar, best practice pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan inovasi-inovasi pembelajaran berbasis TIK lainnya.

Sedangkan tujuan khususnya adalah Sahabat Rumah Belajar Dapat :

  1. Mendeskripsikan teknis penulisan karya tulis ilmiah.
  2. Mendeskripsikan teknik penulisan artikel ilmiah populer.
  3. Mempublikasikan ide/gagasan/pemikiran melalui artikel ilmiah populer di Blog Pena dan karya tulis ilmiah di Jurnal Teknodik.

Adapun karakteristik Karya Tulis Ilmiah (KTI) yaitu :

  1. Logis,berarti penjelasanya yang teratur dari data dan informasi yang masuk kedalam logika pemikiran kebenaran ilmu.
  2. Obyektif, data dan informasi sesuai dengan data sebenarnya.
  3. Sistematis, mengikuti urutan pola pikir yang sistematis/konsisten/ berkelanjutan.
  4. Andal, data dan informasi teruji dan sahih.
  5. Desain, terencana dan memiliki ranacangan.
  6. Akumulatif, berarti kumpulan dari berbagai sumber yang diakui kebenarannya.

Tahap Menulis KTI, terdapat 3 tahapan yaitu :

I. Tahap Pramenulis

  1. Analisis masalah.
  2. Membaca teori-teori dan hasil penelitian/kajian/survei/evaluasi
  3. Menggali dan menemukan gagasan/ide
  4. Pendalaman materi dengan membaca buku yang relevan
  5. Menentukan tujuan,genre dan segmen pembaca, untuk memastikan karya kita marketable
  6. Pelajari panduan penulisan KTI

II. Tahap Penulisan

  • Terdiri dari menulis draf kasar KTI, reviewing dan editing

III. Tahap Pasca Penulisan

  • Terdiri dari tahapan penyuntingan dan publikasi

Artikel Ilmiah Populer

Tulisan populer adalah tulisan kreatif yang dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat umum. Hasil kreativitas seorang penulis yang disampaikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, tulisan populer harus disampaikan secara menarik dan berinisiatif persuasif sehingga digemari banyak orang.


B. Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar

Materi kedua disampaikan oleh Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh Ibu Eva Deliana Bangun dengan materi berjudul “Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar". Proses komunikasi menurut Thoha (1990) feed back terdiri dari

  1. Penciptaan Gagasan
  2. Encoding
  3. Transmiting
  4. Receiving
  5. Decoding

Komunikasi dibagi menjadi 2 yaitu Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal.

Komunikasi Intrapersonal

Unsur dan elemen Komunikasi Intrapersonal yaitu:

  • Sensasi
  • Persepsi
  • Memori, dan
  • Proses berpikir

Faktor-faktor yang mempengaruhi Komunikasi Intrapersonal yaitu :

  • Perkembangan
  • Emosi
  • Latar belakang sosiokultural
  • Gender
  • Pengetahuan
  • Lingkungan

Komunikasi Interpersonal

Karakteristik Komunikasi Interpersonal menurut Hardjana (2003)

  1. Melibatkan komunikasi verbaldan non verbal
  2. Melinatkan perilaku spontan, kebiasaan dan sadar
  3. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berproses pengembangan atau mendalam
  4. Melibatkan umpan balik yang tinggi
  5. Komunikasi berjalan menurut peraturan tertentu
  6. Komunikasi dilakukan secara aktif
  7. Saling mengubah dan mepengaruhi

C. Stategi Berbagi Menmanfaatkan Media Sosial


Materi ke tiga dibawakan oleh Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh yaitu Ibu Dwi Ermayati dengan Judul "Strategi berbagi Memanfaatkan Media Sosial". Penerima informasi disebut dengan Adopter. Kategori penerimainformasi (Adopter) teridiri dari :

  1. Inovator
  2. Penerima dini (early adaters)
  3. Mayoritas dini (earlymajority)
  4. Mayoritas belakang (late majority)
  5. Penerima akhir (laggards)

Ada beberapa media yang dapat kita gunakan untukmenyampaikan informasi yaitu Mikroblog : bentuk blog yang lebih kecil yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi singkat yang kita bagikan kepada orang lain melalui web atau platform media sosial seperti facebook, instagram, twitter atau tiktok.

Strategi dalam memanfaatkan Blog/Microblog

  1. Pastikan informasiyang dibagikan adalah benar.
  2. Sertakan data pendukung dalam bentuk gammbar, grafik atau tautan video.
  3. Gunakan judul atau tagar agar informasi yang kita bagikan mudah ditemukan.
  4. Bangun interaksi dengan cara merespon pembaca atau membagikan tautan blog/mikroblog kita ke jejaring sosial yang kita miliki.

Platform Blog terbaik :

  • WordPress.org (self-hosted)
  • WordPress.com (Cloud SaaS)
  • Blogger dan Blogspot
  • Squarespace
  • Wix
  • Medium
  • Joomia
  • Drupal
  • Wattpad
  • Tumblr
  • Google site


Pada Sesi ke-2 Sinkronus PembaTIK Tahun 2022 yang diadakan padahariJumat, 21 Oktober 2022 pada pukul 14.00 s/d 16.00 WIB, para Sahabat Rumah Belajar dan Duta Rumah Belajar membahas dan memberi masukan terhadap Action Plan Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi Pada PembaTIK Level 4 Tahun 2022.


Dokumentasi kegiatan



Baiklah Sahabat, itulah sedikit informasi terkait sesi sinkronus PembaTIK Level 4 Tahun 2022. Semoga informasi ini bermanfaat :)


“Pendidik yang HEBAT bukanlah Pendidik yang PINTAR, tetapi Pendidik yang tak pernah BERHENTI BELAJAR”

-Septia Handayani-

0 komentar: